Selasa, 27 Februari 2018

# Lomba

Menyelaraskan Suasana, Menaikkan Mood

Angka. Bukan sekedar susunan 0 sampai 9. Lebih dari itu, hampir semua aspek kehidupan berhubungan dengan angka. Demikian juga warna, bukan sekedar hitam dan putih. Jika angka yang kadang njelimet membuat mood saya berkurang, maka bermain warna bisa menyelaraskan mood. Apa sebab? Aktivitas harian saya berhubungan dengan angka. Hitungan matematika adalah salah satunya. Untuk yang satu ini, dituntut kejelian dan ketelatenan agar soal yang sedang dikerjakan menemukan jawaban. 



Penggunaan alat bantu hitung memang diperlukan untuk mengecek kebenaran hitungan. Pada beberapa kesempatan kegiatan belajar mengajar bersama sahabat kecil saya, terkadang jawaban yang saya peroleh berbeda dengan mereka, maka alat bantu hitung adalah rujukan terakhir.

Akivitas lain yang berhubungan dengan angka adalah khazanah pengetahuan baru bagi saya. Belajar menghitung dengan merode ephemeris untuk memperkirakan terjadinya gerhana, waktu sholat, awal dan akhir bulan menurut kalender Komariah. Hitungan ini sepenuhnya menggunakan alat bantu hitung, kalkulator. Sengaja tidak menggunakan bantuan aplikasi, agar kemampuan menghitung bisa terasah. Bayangkan! Hitungan yang saya hadapi bukan sekedar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari kombinasi angka 0 sampai 9. Tetapi hitungan yang melibatkan sinus, cosinus, tangent, cotg. Selain menghapal rumus, juga menghapal istilah yang mengharuskan berkali-kali membuka buku. Interpolasi, fraksi iluminasi, sabak bulan, sabak matahari, asensio rekta dan istilah lain yang masih asing di telinga. 

Nah, aktivitas seperti ini akan terasa monoton, menjemukan apalagi jika tak juga berhasil menemukan jawaban, fyuh bisa uring-uringan. Maka perlu kiat-kiat yang membuat hitungan menjadi sesuatu yang menyenangkan. 

Sumber : Casio
Pernak-pernik Alat Tulis yang Menarik 
Saat duduk di sekolah menengah pertama, seorang guru menganjurkan untuk menggambar kartun, mewarnai, dan menyampuli buku dengan warna dan gambar yang menarik. Buku pekerjaan rumah yang semula putih bergaris hitam pun berangsur berwarna. Gambar kartun kecil di sudut kiri atas lembar buku pun menjadi magnet tersendiri saat belajar. Waktu berlalu, kini pernik alat tulis tak lagi monoton. Cover buku yang menarik, garis-garis berwarna, dan lembaran putih berhias gambar. Bentuk yang menarik ini pun mampu menaikkan mood dan hitungan tak lagi membosankan. 



Tempat Kerja yang Tidak Monoton 
Menghitung memang pekerjaan yang membutuhkan keseriusan. Tetapi bukan berarti tegang. Bisa-bisa emosi yang muncul. Nah, saya biasa bekerja dengan meja lipat pendek. Jika ingin menghitung atau menulis sambil nonton tivi, tinggal menggelar meja di depan tivi. Menghitung sambil melihat hilir mudik orang lewat, tinggal memindah meja ke ruang depan. Kemana pun mood membawa, dituruti saja. Lipat meja, lalu gelar di tempat yang mengasyikkan. Aktivitas nomaden ini bisa mengatasi kejenuhan. 

Camilan-camilan 
Bukan wajib, tapi harus. Haha...Saya menyediakan toples kecil. Isinya bisa bermacam. Kadang permen, kacang, atau kriuk-kriuk lain. Bahkan ubi jalar goreng, tempe mendoan atau tempe gembus juga menemani. Mengapa? Kadang saat sedang asyik menulis atau menghitung kita lupa mengisi perut. Selain makan (jika sudah waktunya lapar), bisa jadi camilan menjadi pendamping yang asyik. Tapi jangan terlalu banyak. Maka sediakan toples atau wadah kecil. 



Stop! Waktunya Istirahat 
Stop! Beri waktu otak dan badan untuk istirahat. Terkadang rasa penasaran karena hitungan salah melulu membuat saya penasaran. Kok enggak ketemu sih jawabannya. Padahal sudah dihitung sesuai rumus, diulang berkali-kali masih salah juga. Nah ini pertanda waktunya istirahat. Dipaksa-paksakan juga tak tetap tak menemukan jawaban. Tutup buku, bangkit lalu mengerjakan aktivitas rumah lain. Berapa lama? Sesuaikan dengan kondisi dan mood. Badan segar, berpikir pun lancar. 

Kiat-kiat sederhana itu memang bisa membuat suasana hati lebih menyenangkan. Mood memang mempengaruhi aktivitas, apalagi saya. Moody, tergantung kondisi dan situasi. Mirip dengan yang disebutkan dalam KnowYourColour. Ungu! Unik dan punya karakter yang berubah-ubah secara drastis. 
Hmm... ngomongin warna dan angka, sepertinya tak bisa jauh-jauh dari Casio. Dan kali ini CASIO My Style menambah koleksi dengan beragam warna. Sebagai Colorful Calculator, pilihan warna bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Bagaimanapun warna mempengaruhi psikis.



Menurut sebuah sumber, ungu merupakan warna dingin yang memberikan suasana sejuk. Warna ungu menciptakan perasaan tenang dan aman
Nah, jika kamu penasaran dengan warna warni Casio Colorful Calculator, bisa cek mataharimall.com dan gunakan promo kode CASIOBLOGND91Y85. Pilih warnanya dan bawa pulang. #CasioMyStyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar