Sabtu, 03 April 2021

# Pustaka

Wacan Bocah : Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Tempo hari saya mendapat kiriman buku dari Pojok Buku Ginatra. Sebuah buku anak. Buku bergambar lebih tepatnya. Dilihat dari tampilannya seperti buku bergambar pada umumnya. Tebalnya 24 halaman dengan gambar yang menarik. Tapi setelah diamati, ada yang istimewa dari buku satu ini. Semacam magnet yang membuat saya jatuh cinta. Iya, jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Pada sampul buku tergambar dua anak sedang bermain bekelan. Lalu dibawahnya…mata saya membulat melihat deretan aksara yang tidak asing, tapi… 
Iya, deretan aksara Jawa , ha na ca ra ka. Tapi huruf apa yang tertulis? Saya abaikan saja huruf-huruf itu. Mata saya alihkan pada nama penulisnya. Di ujung kanan tertulis : carita dening : Wrini Harlindi, Dwatty Nyahedhi. Lalu dibawahnya tertulis gambar dening : Indra Bayu. 

Masih saja saya bertanya-tanya mengapa ada kata dening? Jika diterjemahkan kira-kira artinya : cerita oleh Wrini Harlindi dan Dwatty Nyahedhi. Sementara gambar/ilustrasi dibikin oleh Indra Bayu. Daripada dilanda penasaran saya langsung membuka halaman pertama. Dan…loh kok

Saya baru sadar bahwa buku yang berada di tangan saya adalah sebuah buku bergambar berbahasa Jawa. Unik.

Jika biasanya saya menjumpai cerkak (cerpen) berbahasa Jawa di majalah (kalawarti) dan harus bertanya-tanya tentang arti kata atau kalimat. Maka saat ini saya membaca buku dengan gambar menarik, berbahasa Jawa lengkap dengan aksara Jawa. Tahu dong apa yang saya lakukan. Mencari lembar aksara Jawa yang ada di buku Pepak Basa Jawa. Eits, tunggu dulu.... 
Tenyata di halaman selanjutnya disediakan Aksara Jawa, Pasangan, Sandhangan, Aksara Swara, Aksara Murda dan Tanda Baca. Sangat memudahkan pembaca untuk membaca aksara Jawa. Akhirnya saya memulai dari awal, membaca judul buku sembari mengintip aksara jawa. 

Buku yang ada di genggaman saya berjudul Bal Bekel Ambar (saya baru sadar ternyata dibawah aksara jawa telah disulih ke huruf latin. Padahal sudah setengah mati saya mengejanya) 

Bal Bekel Ambar adalah seri #WacanBocah, bacaan anak keluaran Lingkarantarnusa. Pada pengantarnya disebutkan ada dua hal penting yang bisa diambil dari seri buku cerita anak bergambar ini. Pertama penggunaan aksara Jawa yang sejalan dengan semangat Geber Jawa – Gembira Beraksara Jawa sebagai upaya untuk memasyarakatkan kembali aksara Jawa. 

Yang kedua, seri ini menggali nilai-nilai di masa kanak-kanak tentang keseharian hidup yang polos, menjadi penghilang dahaga di tengah arus digitalisasi yang kian menjauhkan anak-anak dari nilai tradisi. 

Mungkin inilah salah satu upaya untuk nguri uri (melestarikan) aksara serta budaya Jawa supaya tak muksa begitu saja. Hal ini pun sejalan dengan penyataan Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Pelajari Bahasa Asing. 

Bal Bekel Ambar bercerita tentang bocah perempuan bernama Ambar yang tidak bisa bermain bekel. Sementara Feni, sahabatnya sangat pandai bermain bekel. Feni pun mengajari Ambar cara bermain bekel. Sayang, bolanya selalu menggelinding. Meski tak pandai bermain bekel, ternyata Ambar pandai menggambar. Gambarnya sering dipamerkan di sekolah. Ambar pun mengajari Feni. Sayangya Feni tidak bisa menggambar seperti Ambar. 

Bagi Feni, menggambar itu sama sulitnya dengan bermain bekel untuk Ambar. Memang, setiap anak punya kepandaian masing-masing. 

Cerita yang menarik, ya. Sangat dekat dengan keseharian dan membangkitkan lagi kenangan masa kecil. 

Nah jika saya lancar menuliskan ringkasan ceritanya, itu karena saya membaca terjemahannya. Sekarang saatnya saya membaca murni aksara Jawa. Hmm….kira-kira butuh waktu berapa lama ya? 

Aih ternyata untuk membaca satu kalimat saja saya harus sering melihat deretan aksara Jawa terutama aksara swara (bunyi vokal) serta beberapa huruf yang diberi titik tiga di atasnya. Huruf lain lumayan lancar, karena masih tersisa memori tentang aksara Jawa. 
Sedikit sulit, tapi sebuah tantangan yang menyenangkan. Puas rasanya bisa menakhlukkan buku bergambar bahasa Jawa yang apik ini. 

Kalau kalian, apakah masih hafal aksara daerah kalian? Yuk, yuk, lestarikan agar tidak hilang tertelan jaman.
***

Keterangan :

Judul Buku        : Bal Bekel Ambar
Penulis               : Wrini Harlindi & Dwatty Nyahedhi
Ilustrator            : Indra Bayu
Aksara Jawa       : Rakhmi Dwi Rahayu
Penerbit              : Lingkarantarnusa
Cetakan I            : November 2020
Harga                  : Rp 55.000,-

 

19 komentar:

  1. Aku baru baca link ini di grup Ruang Aksara, lalu segera meluncur kemari. Padahal aku gak ikut setor blogpost lho, dan gak wajib blogwalking juga kan 😆 tapi ini menarik banget karena aku sangat familiar dengan nama penulisnya. Segeralah ku-share link blogpost ini ke penulisnya, mbak Wrini, via WA. Eh beliau senang lho baca ulasan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih... Senengnya... Terima kasih Aulia. Aku tuh baca berkali- kali engga bosan lo. Apik

      Hapus
  2. eh pernah liat juga buku bergambar dengan bahasa jawa begini, tapi lupa judulnya. kalau ditanya masih hapal atau enggak, jelas uda enggak hapal, hahhaha tapi seru nih, jadi pengen koleksi satu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen nambah lagi koleksinya. Berasa nostalgia jaman masih bocah.

      Hapus
  3. Saya juga punya bu teman penulis cerita bahasa jawa. saya kalo baca ngerti sih walau kadang sedikit mengernyit di beberapa kata tertentu.dan buku yang di ulas ini keren sekali, kaya baca pake bahasa sandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama... Meski sudah ada tulisan lainnya, tapi aku tuh tetep pengen menaklukkan aksara Jawa nya.

      Hapus
  4. duh untuk saya yang orang jawa tapi ga tahu aksara jawa info ini menarik sekali, jadi penasaran sama bukunya. thanks for sharing ya mbak

    BalasHapus
  5. Apik banget yo mbak buku ceritanya, unik karena menggunakan bahasa Jawa dan huruf hanacanaraka. Harus lebih banyak lagi buku cerita seperti ini baik untuk bahasa Jawa dan bahasa daerah lainnya.. Kalau cerita berbahasa Jawa aku pernah baca di aplikasi Lets Read

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...
      Benar mba Dew, Lets Read pernah menggelar lokakarya penerjamahan buku Inggris -Jawa.

      Hapus
  6. Wah apik banget mbak buku cerita berbahasa Jawa lengkap dengan huruf hanacaraka ya.. Kalau aku pernah baca buku cerita anak bahasa Jawa di aplikasi Lets Read tapi bahasa Latin..

    BalasHapus
  7. Unik banget bukunya.. ngajarin bahasa daerah dengan gaya kreatif! Jadi ingat, dulu aku belajarnya aksara sunda tapi mama ngajarinnya aksara jawa 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aksara Sunda, hapal tidak? 😄😃

      Hapus
  8. udah lupa sama penulisan aksara jawa mba, lama ga dipelajari ulang 😅 padahal pas masih sekolah sampe ngelothok banget nulis dan bacanya 😅

    BalasHapus
  9. Keren banget ya mbak bukunya. Aku belum pernah melihat buku cerita anak macam begini mbak. Buat aku pasti jd PR bgt lah buat bacanya 😆😆 tapi idenya menurut aku bagus. Gak banyak (atau malah gak ada?) buku anak2 dengan aksara Jawa. Pas bagian mbak Tari membuka buku Pepak, wah langsung ketawa deh, inget masa lalu dah pokoknya 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...Pepak Basa Jawa. Buku wajib pas masih sekolah. Senang banget bisa menemukan buku Bal Bekel Ambar

      Hapus
  10. jadi ingat dulu pernah belajar ha na ca raka

    BalasHapus